Belajar Bahasa Inggris di Blog

Dengan ngeblog kita bisa belajar banyak hal. Diantaranya kita bisa belajar mencari ide dan menulis. Salah satu yang saya lagi coba adalah belajar bahasa Inggris. Kayaknya ada sedikit keinginan tapi menggebu agar tulisan yang kita buat bisa dimengerti oleh lebih banyak orang dari belahan dunia yang lain.

Awalnya saya kepingin kursus, tapi kok mahal dan agak sulit untuk membagi waktu. Mencari bahan belajar di Internet memang mudah, tapi pada proses pembelajarannya ternyata susahnya minta ampun.

Akhirnya saya iseng-iseng mengajak teman yang kebetulan juga berminat belajar bahasa Inggris untuk menggunakannya saat berSMSria. Sepele, tapi ternyata lebih mengasyikan daripada belajar dari buku. Setiap SMS masuk langsung sibuk buka kamus digital. Mungkin akan lebih baik kalau lawan SMS kita itu sudah canggih penguasaan bahasa Inggrisnya. Agar bisa mengoreksi kesalahan tata bahasa yang kita buat. Lebih asyik lagi kalo belajar dengan pacar kali ya, bisa lebih sering sih SMSannya.

Setelah itu saya sering mengambil artikel berbahasa Inggris lalu saya ketik ulang dengan merubah sedikit redaksinya dengan bahasa saya sendiri. Saya mulai dari artikel pendek-pendek lalu bertahap ke yang lebih panjang. Kadang saya menerjemahkan artikel dengan bantuan Transtool. Pasti acak-acakan tuh hasilnya. Nah, saya edit sampai menjadi bagus walaupun menurut penilaian saya sendiri. Kadang hasil terjemahan itu saya bawa ke teman yang sudah lihai untuk dimintakan koreksinya.

Sekarang saya sedang mulai belajar menerjemahkan langsung dari artikel bahasa Inggris tanpa bantuan Transtool lagi. Baru bisa pendek-pendek sih. Tapi lumayan lah sudah ada progres daripada sebelumnya saya benar-benar blank.

Ada memang teman yang setengah melecehkan sistem pembelajaran saya itu. Tapi saya cuek saja. Toh saya hanya butuh sistem belajar yang menyenangkan. Efektif atau tidak buat saya urusan belakangan. Soal sistem pengucapan, itu urusan nanti. Saat ini saya sedang fokus di bahasa tulisan terlebih dulu. Toh saya belum begitu membutuhkan ngobrol lisan, masih sebatas ingin menulis artikel saja. Kalau sudah lancar baca tulis, masa sih belajar ngomong tidak akan lebih mudah.

Yang belum punya kamus digital dan transtool, download saja disini.

Buat yang berminat belajar, boleh dicoba tuh cara semacam ini.
Yakin, menyenangkan...

Buat Ibu Dai, thanks deh atas bantuan SMSnya...

2 comments:

  Anonymous

13 May 2008 at 11:55

Selamat deh buat ibu dai. semoga cepet berkembangbiak.

Hmmmm....

  Anonymous

13 May 2008 at 23:56

hikss..saya juga pengen belajar british tuh. Andai saja bahasa inggris saya paten, bisa cepet kaya nongkrong 12jam di depan komputer yang terkoneksi internet.