Hemat Pulsa dengan Opera Mini

Beberapa waktu lalu saya sempat pusing untuk masalah koneksi ketika AXIS ngadat selama beberapa hari. Mau protes malah bingung, wong gratisan kok pengin yang bagus. Akhirnya saya kembali ke M3 dengan konsekuensi mengurangi jam terbang di alam maya demi penghematan. Rada sialnya lagi M3 ikut sedikit ngambek dan sering putus di PC.

Akhirnya untuk sekedar cek email, saya buka di Nokia Comunicator. Eh, kok lancar... Dan secara tidak sengaja saja googling disitu sampai nemu link download opera mini. Masih dalam rangka iseng saya instal Opera Mini itu dan mencoba buka beberapa blog saya.

Buset... kok lumayan kenceng larinya. Penasaran saya buka Multiply yang selama ini dikenal sebagai pelahap bandwith. Masih kenceng juga. Trus setelah puas dengan aplikasi baru itu, saya cek pulsa. Halah... kok cuma kesedot sedikit?

Sambil keasyikan dan ketagihan mainan baru itu saya coba liat-liat kenapa sih bisa begitu. Selidik punya selidik halaman MP yang sampai 800kb itu cuma diload sekitar 80kb. Jadi kemungkinan memang ada fasilitas compres dan decompress di Opera Mini. Data dikompres dulu baru disedot. Trus pas saya coba menghapus cokies, ternyata tidak seperti browser bawaan Nokia yang meletakkan cokies di HP. Selalu dibutuhkan koneksi untuk menghapus cokies di Opera Mini. Jadi sepertinya tak dosa kalau saya memvonis, server opera yang menyimpan cokies atau cache. Kita di HP tinggal terima mentahnya.

Sekedar berbagi saja dengan yang suka browsing sambil mobile. Coba deh instal Opera Mini lalu bandingkan kecepatan dan pemakaian pulsanya dibandingkan menggunakan browser bawaan Nokia atau menyambungkan HP ke PC sebagai modem.

Mungkin ada yang bisa kasih pencerahan lebih lanjut...?

Yang mau download langsung ke HP, ini alamatnya :
http://www.operamini.com/download/wap/

Yang mau download ke PC, klik disini

0 comments: