(Katanya) Kesalahan Blogger Pemula

Namanya juga belajar, jadi banyak jalan-jalan kesana kemari cari info. Sampai nemu panduan untuk blogger pemula diblognya mas ilham.


Isinya antara lain begini :

Kesalahan 1: Launching sebelum ada theme yang jelas
Kesalahan 2: Unregularly posting
Kesalahan 3: Obsesi berlebihan pada komentar, trackback, dan statistik
Kesalahan 4: Obsesi berlebihan pada fitur
Kesalahan 5: Mana yang penting dan mana yang tidak penting
Kesalahan 6: Copy-paste yang pasrah
Kesalahan 7: Ambisi yang berlebihan
Kesalahan 8: Alamat URL yang tak pernah berhenti berlari
Kesimpulannya, jangan terjebak sensasi “rasa” dalam dunia blogspots yang begitu maya ini!

Aku ga menyangkal semua itu salah atau benar. Benar dan salah di dunia gambar dan tulisan ada dalam diri masing-masing. Berbeda pendapat seseuatu yang lumrah dan tidak berdosa asal jangan terus berantem.

Memang bagus kita membuat theme blog sebelum launching, tapi bagaimana kita bisa segera menulis kalau untuk belajar bikin desainnya perlu waktu lama. Buat aku blog itu tentang menulis, ya menulislah dulu. Sambil jalan kita belajar pelan-pelan mendesain tema yang sesuai. Mencari di penyedia tema gratisan memang banyak, tapi namanya juga pemula kadang aku terjebak dengan penampilan blog yang bagus-bagus dan ramai. Sampai akhirnya aku lupa kalo isi blog itu sebenarnya tulisannya, bukan bajunya.

Posting teratur sudah pasti aku setuju. Tapi terobsesi kepada komentar dll, aku doakan jangan sampai deh. Apalagi buat aku pribadi menulis hanya sebagai pelepasan isi kepala. Ada yang mau baca ya syukur, angga juga gapapa. Tapi walau begitu tetap aku berusaha menulis yang bagus dan berisi. Siapa tahu suatu saat aku membutuhkan sesuatu yang karena sudah lama, aku lupa caranya. Kan bisa buka di blog sendiri untuk mengingatnya.

Fitur atau widget memang menarik banget, apalagi buat kelas belajar kaya aku. Sepertinya kok bangga banget yah kalo blognya rame dan penuh warna. Kesannya aku pinter gitu. Tapi ga deh. Tetap aku kembali ke pokoknya, blog itu menulis. Tulisan lebih penting. Lagi pula kebanyakan widget membuat aku lama membuka halamannya. Boros pulsa doooong...

Soal copy paste, aku bingung menjawabnya nih. Aku saja sering kebingungan mau nulis apa. Tapi tetap aku berusaha ga seperti itu. Paling kutip sana sini sedikit sedikit trus kasih opini. Kan ide itu bukan hal yang benar-benar baru, tapi kombinasi baru dari barang lama.

Ambisi, kayaknya engga deh. Pokoknya tetap seperti aku tulis di atas. AKu menulis dan menulis untuk menumpahkan unek-unek saja.

Nah, soal domain aku ga sepenuhnya setuju. Emang bener sih untuk hosting gratisan penuh resiko. Tapi karena aku hanya mampunya begini ya biarlah. Namanya juga gratisan. Lagi pula buat aku google rank belum begitu penting. Tetap isi tulisannya. Kalo memang orang sudah kesengsem tulisan kita, mau pindah sehari tiga kali kayaknya mereka bakal terus ngikuti.

Sudahlah...
Ini sekedar opini..
Daripada ga nulis...

0 comments: