Optimalisasi Browser

Keinginan ngeblog kuat tapi koneksi internet pas-pasan. Yang ada hanya sekedar koneksi dial up dengan Telkomnet Instan atau malah mengandalkan GPRS yang pasti tidak bisa dibawa lari kencang. Lebih parah lagi PC yang digunakan hanya sekelas Pentium III dengan memori ngepres.

Tidak perlu bersedih deh. Coba saja pakai browser Mozilla Firefox. Mozilla berbeda dengan Internet Explorer 6 kebawah yang selalu membuka windows baru. Untuk Internet Explorer 7 memang sudah bisa membuka halaman baru di tab lain dalam satu windows, tapi seringkali kita kepentok oleh WGA. Dengan hanya membuka satu windows, penggunaan memori dapat lebih dihemat. Bagi yang belum memiliki browser Mozilla di PCnya bisa download disini.

Firefox juga memiliki banyak add on yang berguna untuk meningkatkan kecepatan akses. Kita bisa menginstal add on Fasterfox. Add on ini berfungsi untuk mengelola pengaturan koneksi secara instan, jadi kita tak perlu mengeset mozilla secara manual. Kita bisa pilih dengan kecepatan normal, turbo atau custom. Untuk menginstal Fasterfox klik saja disini.

Blog atau website seringkali menampilkan animasi menggunakan flash. Bagus memang tampilannya, tapi sangat memboroskan resource PC kita. Kadangkala kita juga terganggu oleh tampilan iklan warna warni yang memberatkan PC kita. Instal saja Add Block Plus atau klik disini. Setelah selesai menginstal dan merestart Mozilla akan muncul pilihan daftar blocking subscribe yang bisa kita pilih. Pilih saja salah satu dan ad block plus siap digunakan. Kita juga bisa memblok flash atau gambar secara manual dengan mengklik icon ABP di sudut kanan atas. Untuk tampilan flash di website biasanya akan ditandai dengan tab transparan di sudut border flash tersebut. Bila kita tak mengharapkan itu, klik saja tulisan Block itu. Seterusnya flash itu tidak akan tampil dan mengganggu kecepatan koneksi kita. Add Block Plus bisa didownload disini.

Boleh dicoba untuk yang miskin bandwidth atau yang kurang suka tampilan yang tak berguna di website yang kita kunjungi.

0 comments: