Menggunakan Domain co.cc pada blogger

Terinspirasi dari sini, aku coba bikin domain gratisan di .co.cc Langsung aku coba pasang di beberapa blog yang hosting di blogger.
Kalau mau lihat, kesini deh : Art Info atau Software Download.


Step by stepnya seperti ini :
Kalau sudah punya blogger, kita bisa langsung deh masuk ke co.cc atau klik disini. Pilih nama yang diinginkan di kotak yang terbuka di homepage co.cc. Setelah itu periksa apakah nama itu tersedia atau tidak. Bila tersedia dan muncul Free, berarti bisa digunakan secara gratis. Untuk nama-nama yang dianggap favourit, kita harus bayar.

Misalkan kita buat domain dengan nama nggedeblog. Kemudian kita harus register disitu dengan mengisi berbagai formulir. Lalu masuk ke Manage Domain. Klik setup dan kita akan masuk ke pengaturan domain tersebut. Klik Zone Record dan isikan domain (nggedeblog) kita di kolom Host. TTL pilih 1D. Type pilih A. Lalu untuk Value harus kita isi dengan IP Address ghs.google.com Caranya klik Run dari Startmenu lalu ketik ping ghs.google.com akan muncul deretan angka misalnya 66.249.81.121 Masukan itu di kolom Value. Klik tombol setup

Untuk domain co.cc sudah beres, kita beralih ke blogger. masuk kontrol panel atau dashboard dan klik tab Pengaturan. Klik tab Publikasikan. Kemudian klik Domain Custom dilanjut klik pengaturan lanjut. Masukan domain yang tadi dibuat (mis. nggedeblog.co.cc) ke kolom alamat blog. Klik Simpan Pengaturan.

Jangan lupa klik atau beri tanda centang pada Mengarahkan www.nggedeblog.co.cc ke nggedeblog.co.cc. Ini berfungsi untuk mengalihkan pengunjung yang mengetikkan alamat menggunakan www. Klik Simpan Pengaturan sekali lagi. Nah domain kita sudah berganti.

Hanya saja proses pemindahan domain dari blogspot ke co.cc tidak ada patokan pasti. Kadang beberapa menit, kadang beberapa jam. Jadi bila dibuka masih lari ke homepage co.cc, bersabarlah. Untuk mengembalikan domain ke blogspot.com, kita melakukannya dari situ juga dengan mengeklik Berpindah ke blogspot.com.

Lalu bagaimana kalau ada yang mengakses melalui alamat lama di blogspot? Jangan takut. Blogspot akan mengarahkan pengunjung ke alamat baru kita.

Ok, deh. Selamat mencoba...


Thks berat buat Mas Eko.. atas panduan dan gambarnya

6 comments:

  Anonymous

3 May 2008 at 17:51

Ya sama-sama, semoga memberi manfaat buat pengunjung blog ini dan juga pemiliknya.

  Anonymous

18 June 2008 at 10:02

Terima kasih banyak, atas panduannya,
setelah nama blogku diubah jadi http://awetkaya.co.cc, omzetku juga
meningkat pesat, agak disesalkan juga ...tidak mengurusnya lebih awal, karena terlalu sibuk memungut recehan adsense yang tidak seberapa hasilnya,
tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, SEKALI LAGI THANK'S dan SUKSES juga buat maseko

"ORANG YANG SUKA MEMBERI, PASTI AKAN MENERIMA JUGA NANTINYA"

  Anonymous

2 July 2008 at 22:50

thanks ya mas infonya...

tapi saya ada sedikit problem..saya sudah mengikuti langkah dari mas untuk mengganti blogspot.com ke co.cc. tapi ternyata setelah melakukan penyetingan blog saya tidak bisa di akses..kenapa ya mas, tolong ya mas ini blog saya www.endrican.bogspot.com
mohon bantuanya

  Anonymous

9 July 2008 at 13:04

trik nya kucicipi di blog saya ... thank's infonya.......... caYO.!!!!!!!!!!


My Blog Click Here

  Anonymous

12 November 2008 at 10:21

Well said.

  Anonymous

9 January 2013 at 18:21

[url=http://sexrolikov.net.ua/tags/%F1%EC%EE%F2%F0%E5%F2%FC/]смотреть[/url] Смотреть порно онлайн : [url=http://sexrolikov.net.ua/tags/%CF%E5%F2%E5%E9/]Петей[/url] , это все смотри