Membuat Account Blogspot

Aku sedang menulis tentang merubah tema pada blogspot ketika datang seorang siswa SMA yang minta tolong membuatkan blog. Dia juga cerita banyak temen-temannya yang juga berminat membuat blog tapi tidak punya petunjuk step by stepnya. Akhirnya aku letakkan dulu tulisan tentang tema itu. Dan aku coba deh menulis tentang proses yang mungkin menurut orang lain teramat sederhana. Membuat account blog.

Sebelum membuat blogspot, kita harus membuat account google terlebih dulu. Cara paling mudah tinggal ketik gmail.com di address bar browser atau klik disini. Akan muncul kotak isian username dan password. Di bagian bawahnya ada "Sign Up ke GMail". Klik disitu.

Isi formulir yang tampil dengan nama, alamat dan sebagainya. Lalu isi dengan verifikasi kata dari image yang muncul. Terakhir klik tombol "Saya Menerima Buat Account Saya". Selesai untuk email account.

Selesai membuat account GMail. Ketik blogspot.com atau blogger.com di address bar browser atau klik disini. Masukan username dan password GMail yang tadi dibuat. Lalu klik Ciptakan Blog Anda.

Isi judul dan masukan nama blog yang diinginkan. Pada waktu mengisikan nama blog, klik check ketersediaan, untuk memeriksa apakah nama yang diinginkan tersedia atau tidak. Bila sudah terpakai berarti harus cari nama lain. Untuk nama yang lebih dari satu kata, gunakan tanda titik, karena blogger tidak bisa menerima symbol lain seperti underscore misalnya. Isikan verifikasi kata lalu klik Lanjutkan.

Pilih tema yang diinginkan dan klik Lanjutkan. Akan muncul Blog Telah Diciptakan. Klik Mulai Blogging. Muncul editor untuk memasukkan tulisan kita. Ketik judul dan isi blog. Gunakan fungsi-fungsi editor yang tidak beda jauh dengan Microsoft Word, untuk perataan kanan, kiri atau memasukkan gambar. Selesai menulis, klik publikasikan lalu lihat blog. Apabila belum selesai menulis dan akan dilanjutkan kemudian, klik simpan. Tulisan pun akan tersimpan sebagai draft. Kelebihan blogger adalah support autosave, sehingga kita tak usah takut tulisan hilang bila komputer mati mendadak misalnya.

Udah jelas ya..? Prakteeeek...
Kalau masih bingung japri atau PM deh...

1 comments:

  Solfani

27 May 2008 at 17:25

Salam...
mau tanya aja neh, tau cara ngerubah email account blogger ngga?